Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

selamat datang di bagaskara-vaidika.blogspot.com. tempatnya tip trik,anti virus,software dan game gratis download semua tip trik,anti virus,game dan software yang saya share sudah saya uji coba di windows xp dan 7 dan telah berjalan normal!! semua 100% free !! bilamana ada link yang rusak atau broken mohon di komentari agar bisa secepatnya saya perbaiki

Kamis, 15 September 2011

BateryCare mengoptimalkan umur battery laptopmu

 


 Battery adalah salah satu komponen penting bagi laptop karenanya kita harus menjaga battery ini dengan baik agar usia pemakaiannya bisa lebih lama dan awet!!! Nah kali ini saya akan share BatteryCare.BatteryCare  adalah sebuah aplikasi yang diciptakan untuk mengoptimalkan penggunaan dan performa battery pada laptop/notebook,BatteryCare memonitor siklus discharge battery,serta diklaim mampu meninngkatkan umur pemakaian battery,yang saya share adalah versi 0.9.7.7 aplikasi ini free dan untuk mencari versi terbarunya sangat mudah anda tinggal klik tombol update yang ada di BattryCare.silahkan download BatteryCare disini.

Dan ini dia cara pemakaian dan settingnya


1.download, ekstrak,dan install software ini dilaptop/notebook anda
2.begitu BatteryCary terinstal,dia akan duduk manis
 di system tray dengan menampilkan informasi  sisa battery , sisa durasi, suhu CPU, dan discharge rate
3.berikutnya, klik dua kali icon BatteryCare di system tray, dan klik settings.
4.pilih tab power plans,beri centang pada automatically select power plans, dan dibagian on battery dan       plugged in, pilih power plans sesuai dengan yang sudah anda tentukan di control panel windows.klik accept
 5.pindah ke tab advanced adalah fitur utama yang di miliki BatteryCare. Ia bisa memberi tahukan kapan anda harus melakukan kalibrasi ( pengosongan battery secara penuh ). Begitu nilai siklusnya terpenuhi, kalibrasi harus dilakukan demi daya tahan umur battery. Nilai default-nya adalah 30. Untuk lebih jelas simak penjelasan dibawah.
       
 6.kembali ke jendela utama, klik detailed information.di sini, anda bisa melihat dengan detail bagaimana kondisi battery saat ini. Seperti dalam gambar,notebook itu batterynya sudah mengalami degradasi. Hal ini ditunjukkan dengan informasi total capacity yang sudah tidak sama lagi dengan designed capacity.
       
 Kalau ingin membaca cara pengaturan dengan offline silahkan ambil disini dengan format pdf

Berbicara mengenai pengosongan kekuatan battery ( discharge ), masih banyak penggunaan laptop yang melakukan discharge secara penuh, atau batterynya dibiarkan habis total sampai 0%. Hal ini sebaiknya dihindari , sebab bisa membuat battery menjadi “stress” , bahkan merusaknya. Sangat direkomendasikan untuk melakukan discharge hingga tinggal tersisa 20%-30% saja,lalu di-charge ulang atau isi lagi.
Battery pada laptop berisi semacam indikator yang mengisinkan kita mengetahui jumlah pasti daya yang tersimpan di dalam battery.namun,karena seringnya proses pengisian dan pengosongan yang berulang-ulang membuat sensor indikator tersebut menjadi kurang akurat.karena kurang akurat ,maka kapasitas battery bisa salah di laporkan.bisa saja battery melaporkan masih ada sisa 10%, tapi pada kenyataannya lebih rendah dari itu.
Untuk membuat sensor itu menjadi akurat, harus dilakukan proses kalibrasi setiap 30 kali discharge. Mungkin anda bertanya, kapan proses discharge dihitung? Contoh begini, dihari senin anda menggunakan laptop selama sekian menit, menghabiskan 50% battery , kemudian mengisi kembali. Jika anda melakukan hal yang sama di hari selasa , maka akan dianggap terjadi satu kali proses discharge. Di BatteryCare , nilai itu bisa dilihat di basic information.
  Tapi anda tidak usah memusingkan proses penghitungan ini , karena BatteryCare akan melakukan penghitungan ini untuk anda secara otomatis,selama BatteryCare dijalankan terus menerus. Lalu,bagaimana caranya melakukan kalibrasi battery?

Nah ayo kita ikuti langkah langkah berikut ini:

1. isi battery sampai penuh/ 100%
2. biarkan battery ini tetap terisi penuh selam 2 jam atau lebih. di sini , anda tetap menancapkan adaptor nya, dan menjalankan laptop seperti biasa.
3. di control panel , pilih power options.
 
pilih power plan yang anda gunakan, dan klik change plan settings.       

 
4. selanjutnya klik change advanced power settings.
 
5. scroll ke bawah , di bagian critical battery level on battery, ubah nilainya menjadi 3%.
 
Kemudian di critical battery action on battery , ubah settingnya menjadi hibernate.

   
6.sekarang cabut adaptor, dan biarkan battery melakukan pengosongan sampai melakukan hibernasi secara otomatis sesuai dengan setting-an tadi. Di sini, anda bisa gunakan laptop seperti biasa.
7. begitu laptop masuk dalam status hibernate,biarkan ia melakukan hibernasi sampai 5 jam atau lebih,. diamkan, jangan melakukan apa- apa atau jangan mencolokkan adaptor
8. setelah 5 jam , colokkan adaptor , dan biarkan ia mengisi battery hingga 100% secara nonstop. Selama proses pengisian , adaptor jangan di cabut.
9. proses kalibrasi selesai, dan anda harus melakukan hal ini kembali setelahmencapai 30 kali proses discharge.

Materi refres:pc mild.

Ingin membaca proses ini secara offline silahkan ambil disini dengan format pdf


Daftar Isi Blog

2 komentar:

  1. tank gan jadinya karang bisa aman pke battery laptop

    BalasHapus
  2. woow ini yang saya cari ijin sedot y

    BalasHapus